-

Selasa, 15 April 2014

Android 64-bit, Kelebihan dan Kekurangannya


Android saat ini sudah menjadi sistem operasi yang sangat mendunia. Bahkan saat ini akan hadir Android 64-bit yang akan membuka era baru dalam sistem operasi berbasis mobile. Hal ini dikabarkan oleh pihak Google sendiri bahwa Android telah siap untuk mengusung teknologi komputasi 64-bit. Android sendiri adalah sistem operasi mobile yang menggunakan kernel Linux sebagai pemroses data atau alat komputasinya. Selama ini yang beredar di pasaran adalah Android berbasis prosesor 32-bit. Namun saat ini sistem Android akan mengalami upgrade yang menjadikan kecepatan dari perangkat Android tidak dapat diragukan lagi. Karena sistem operasi “Robot Hijau” ini sudah lama menggunakan kernel Linux pada intinya, berarti bukan satu hal yang tidak mungkin akan hadir Android 64-bit.

Kelebihan dan Kekurangan Android 64-bit

Seperti yang kita ketahui dalam tingkat komputasi sebuah perangkat yang memiliki processor, dikenal dengan 2 istilah utama yaitu menggunakan platform 32-bit dan 64-bit, namun ada letak perbedaan yang signifikan pada dua platform tersebut yaitu :

Kelebihan Android 32-bit :
Ukuran aplikasi kecil dan ringan
Cocok diterapkan pada mobile OS karena ukuran OS yang kecil sehingga muat di berbagai penyimpanan sistem pada perangkat

Kekurangan Android 32-bit :
Kapasitas RAM yang bisa dipakai hanya terbatas pada 4 GB
Sistem lebih lambat kinerjanya dibanding 64-bit

Kelebihan Android 64-bit :
Memiliki kinerja yang lebih cepat ketimbang Android 32-bit
Memiliki dukungan RAM hingga Exabyte, sehingga menjadikan smartphone dapat memproses lebih kencang berkali-kali lipat dibanding 32-bit

Kekurangan Android 64-bit :
Ukuran aplikasi menjadi lebih besar
Kapasitas penyimpanan internal untuk sistem harus diperbesar, mengingat OS untuk 64-bit saja sudah besar ukurannya.

Gadget yang menggunakan platform 64-bit selain Android

Selain Android, ternyata pihak Apple sudah lebih dulu merilis iPhone 5S yang sudah menggunakan teknologi 64-bit. Suatu langkah yang baik untuk Apple ditengah gencarnya era smartphone Android saat ini. iPhone 5S ditengarai memiliki spesifikasi yang lebih mumpuni ketimbang pendahulunya seperti processor yang digunakan yaitu prosesor dual-core 64-bit Apple A7 yang memiliki kecepatan 1,7GHz sehingga dapat melakukan pemrosesan data yang lebih cepat ketimbang iPhone 5.

Untuk Android sendiri sejak saat diluncurkan seharusnya sudah bisa mendukung platform 64-bit ini dikarenakan Android sudah menggunakan kernel Linux yang sudah sejak dulu mendukung platform 64-bit.

Handphone yang menggunakan Android 64-bit

Dalam wacana 64-bit Android ini, ternyata vendor Samsung sudah lebih dulu mengambil langkah inovasi ini. Perusahaan yang besar dengan produk Galaxy-nya ini sudah membekali gadget terbaru mereka nanti dengan prosesor ARM-Cortex-A57 64-bit untuk menandingi iPhone 5S yang sudah lebih dulu memakai 64-bit. Nah, dari vendor lain seperti Intel yang sudah lama beckecimpung dalam dunia processor juga akan menghadirkan processor mobile mereka yang berplatform 64-bit yang bernama Atom Bay Trail T. Tetapi, rencana ini ternyata baru akan terwujud sekitar pertengahan atau kuartal kedua tahun 2014 nanti. Kita lihat saja bagaimana kecanggihan Android 64-bit ini.

0 komentar:

Posting Komentar