-

Minggu, 11 Mei 2014

CARA BACKUP IMEI DENGAN ROOT EXPLORER DAN MTK NVRAM TOOL

Kasus kehilangan imei sudah sering terjadi ketika kita melakukan penggantian ROM atau Costum ROM, nah untuk menghidari itu ada baiknya kita melakukan backup. Sebenarnya ada beberapa cara untuk membackup imei salah satunya yaitu dengan Root Explorer atau sering kita sebut dengan istilah Rootex. Bisa juga dengan aplikasi sejenis misalnya Root Browser.

Baiklah langsung saja.
  1. Syarat HH sudah rooted, kalo belum silahkan di root dulu, gunakan Framaroot atau tool sejenis.
  2. Buka Root Explorer (Rootex) atau Root Browser atau tool sejenis.
  3. Cari dan copy file dengan nama MP0B_001 yg terdapat dalam folder /data/nvram/md/NVRAM/NVD_IMEI. Simpan baik baik file tersebut.
  4. Bila terjadi invalid imei setelah penggantian ROM atau Costum ROM, tinggal dicopykan lagi file dengan nama MP0B_001 tersebut ketempat asalnya.
Atau mau yg lebih lengkap backupnya, silahkan menggunakan MTK NVRAM TOOL, bahannya bisa didowload disini 
https://www.facebook.com/groups/CrossA7T/433810723388251/

Caranya:
  1. Syarat HH sudah rooted dan sudah terpasang recovery CWM atau TWRP.
  2. Install MTK NVRAM TOOL via recovery, installasi ini menggunakan aroma installer, ikuti petunjuknya yg ada di layar LCD HH, tinggal next... next... nanti akan ada tiga pilihan yaitu Nvram Backup, Nvram Restore dan Exit.
  3. Pilih Nvram Backup karena kita akan membuat backupan NVRAM, tunggu hingga proses selesai, kalo sudah silahkan Exit. Dan Reboot HH. Hasil backupannya akan disimpan di sdcard dalam folder NVRAMBACKUP. Silahkan dilihat, akan ada 3 file (nvram.md5, nvram.tar dan status.txt).
  4. Jaga baik baik Tool dan hasil backupannya. Jangan merubah apapun atau me-rename folder, sub folder dan filenya.
  5. Bila terjadi invalid imei atau baseband unknown setelah penggantian ROM atau Costum ROM, silahkan restore backupan Nvram tersebut. Dengan cara install kembali MTK NVRAM TOOL, ikuti petunjuknya, tinggal next... next... lalu pilih Nvram Restore, tunggu hingga proses selesai, kalo sudah silahkan Exit. Reboot HH
  6. SELESAI.
SELAMAT MENCOBA

0 komentar:

Posting Komentar